Beppu? Di mananya Tokyo tuh?

Wah, rasanya udah lebih dari 100 kali gue denger pertanyaan ini. Nggak nyalahin yang nanya juga sih ya, karena pertama kali denger nama suatu negara, memang nama ibukotanya yang muncul duluan. Tapi, faktanya, Beppu itu jauuuuuh banget dari Tokyo. Naik pesawat dari kota besar terdekat (Fukuoka) makan waktu 1.5 jam. Jadi, ibarat Tokyo itu Jakarta, Beppu itu ada di pedalaman Sumatera Utara.

Untuk sampai ke Beppu dari Indonesia, harus naik pesawat tujuan Fukuoka dulu. Lamanya bervariasi, tergantung waktu transit. Ya, memang belum ada direct flight Indonesia-Fukuoka. Konon katanya, yang waktu transitnya paling singkat adalah Singapore Airlines alias SQ. (Sayangnya harga tiket SQ cukup menguras keringat dan air mata.) Perjalanan dengan SQ makan waktu kira-kira 12 jam.

Dari Fukuoka, perjalanan berlanjut dengan bus sampai ke Beppu. Kali ini waktu yang dibutuhkan kira-kira 2 jam. Busnya sendiri cukup nyaman, harga tiketnya pun cukup terjangkau. Harga tiket normal 3000an yen, tapi beli 4 tiket harganya “cuma” 8000 yen.

Terus, Beppu itu kota kayak apa? Nih gue tunjukin foto beberapa tempat di Beppu.

Fukamachi beach

Kitahama Kouen

Mochigahama

Beppu memang kota kecil, department store aja cuma ada 2. Tapi, buat yang hobi ngegalau, apalagi di pantai, Beppu adalah pilihan yang tepat. Udah gitu, harga barang-barang di Beppu lumayan terjangkau dibanding kota-kota besar di Jepang. Sayangnya, karena pilihan transportasi jarang banget, harga tiket bus dan kereta jadi lumayan mahal. Untuk perjalanan dari kampus ke downtown yang makan waktu setengah jam kita harus bayar 500 yen! Hiks hiks. Alhamdulillah ada triple ticket yang harganya 1000 yen. Pake tiket ini, mau pergi ke manapun cukup bayar 333 yen.

Oh iya! Di Jepang sendiri, Beppu terkenal banget dengan onsen nya. Apa itu onsen? Itu loh, tempat mandi air panas yang suka nongol di komik atau kartun Jepang. Selain buat berendam, ada juga onsen yang terlalu panas dan cuma bisa dilihat. Saking panasnya sampai disebut Jigoku alias neraka!

Umi Jigoku, salah satu onsen paling terkenal di Beppu

Nah, sekarang udah tahu banyak kan? Sementara segini dulu deh ceritanya. Insya Allah kapan-kapan disambung lagi. Ditunggu kedatangannya di Beppu!

Advertisements

8 Replies to “Beppu? Di mananya Tokyo tuh?”

  1. hallo , mau tanya nih jadi kalo k beppu harus via jkt ke mana dulu ya? tokyo nya atau gimana karena ga ada direct langsung fukuoka kan , thanks! (kasih tau tips nya untuk ke beppu dengan cepat)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s