Pulang :)

Alhamdulillah, bulan Februari lalu gue berkesempatan pulang ke Indonesia untuk pertama kalinya setelah 3 semester. Serunya, kali ini gue nggak cuma bawa diri sendiri (dan adik pertama gue yang sekarang jadi teman kuliah), tapi juga 2 mantan roommate Jepang gue.

Setelah ditinggal hampir 2 tahun, tentunya banyak hal yang berubah dong di Indonesia. Perubahan yang paling mencolok buat gue:

1. Mal di Jakarta makin banyak! Namanya pun makin aneh-aneh, Salah satu yang sempat gue kunjungi namanya Kota Kasablanka.

2. Di Pamulang (my hometown yeay!) makin banyak rumah sakit. Semoga bukan hanya kuantitasnya yang meningkat, kualitasnya juga.

3. Adik kedua gue makin tinggi! Sebelum gue merantau ke Jepang tingginya 160 cm-an, sekarang lebih dari 170 cm. Jadilah gue anak tertua sekaligus terpendek. Hiks, resiko punya 2 adik laki-laki.

4. Mas-mas dan mbak-mbak penjaga gerbang tol makin berkurang. Pengguna e-toll card makin banyak.

5. Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta sudah jadi! Sebagai pengguna setia AirAsia (oops, sebut merek) gue beberapa kali ke sana dan sejauh ini tingkat  kenyamanannya cukup tinggi.

6. Kamar gue sudah disulap jadi ruang komputer. Lokasi barang-barang di rumah pun berubah total.

Ada juga beberapa hal yang nggak berubah sama sekali:

1. Zebra cross tetap jadi penghias jalan. Setelah 1,5 tahun “terpaksa” nyebrang di zebra cross, rasanya sedih dan khawatir melihat orang-orang masih nekat nyebrang sembarangan. Tapi seru juga sih melihat Kuriko dan Aoi, dua teman Jepang gue, “belajar” nyebrang sembarangan. Those creepy faces are just priceless haha.

2. Teman-teman SMA gue masih segila dulu! Yup, sebagai alumni SMA (okay, Madrasah Aliyah) berasrama, gue sangat akrab dengan mereka. Mereka juga salah satu alasan gue menyerah dengan prinsip “4 tahun nggak usah pulang” hehehe. Selama di Indonesia, selain jalan-jalan bersama 2 teman Jepang, gue menyempatkan diri untuk main ke kosan dan kontrakan mereka. Penampilan boleh berubah, tapi sifat dan kebiasaan kita ternyata masih sama tuh.

Leave a Reply

