Back to School: Why Australia?

Haloooo kembali lagi dengan saya di sini *sok asik*

Jadi beberapa bulan belakangan ini gue sering ditanya tentang kuliah (khususnya master) di Australia. Nah, berhubung saat ini gue ngambil jurusan International Development di RMIT University, Melbourne, jawaban gue mungkin akan bias. Tapi silakan dibaca siapa tahu bermanfaat.

p_20170314_171740_zpsxnxjsyrk
Dapet salam dari koala.

Oke langsung aja ke QnA, ya:

  1. Kenapa Australia? Hmm, jujur aja gue awalnya nggak ada niat untuk ambil master di sini. Tapi karena kondisinya saat itu cukup mendesak, gue akhirnya mencari beberapa universitas yang buka intake bulan Februari, dan kebanyakan memang di Australia. RMIT sendiri adalah universitas pertama yang gue daftar dan alhamdulillah diterima. Jadi, lagi-lagi gue akui, keputusan untuk pergi ke Australia termasuk  yang “tidak direncanakan”.
  2. Kenapa RMIT? Kembali ke pertanyaan pertama, keputusan memilih RMIT bukan sesuatu yang gue pikirkan lama-lama. Tapi kalau ditanya pertimbangannya ya nggak jauh-jauh dari reputasi dan ketersediaan jurusan. Dari awal memutuskan berangkat S2 dengan beasiswa LPDP gue memang tidak pernah menargetkan untuk masuk universitas yang “wow”, karena buat gue kecocokan universitas dan kemampuan gue jauh lebih penting dari sekedar prestige. RMIT sendiri rankingnya termasuk “biasa aja”, tapi reputasinya di Australia cukup bagus sebagai universitas yang punya banyak International students dan hubungan yang  baik dengan industri.
  3. Apa sih enaknya kuliah di Australia? Pertama, hubungan dosen dan mahasiswa. Di sini dosen dipanggil dengan first name tanpa embel-embel professor atau panggilan lainnya. Kalau ada pertanyaan seputar perkuliahan, dosen sangat reachable walaupun kadang hanya bisa lewat e-mail karena ybs sibuk. Di kelas pun diskusi sangat terbuka, bahkan kadang dosen terkesan “gabut” karna mereka hanya menjelaskan sebentar sebelum mahasiswa dilepas untuk diskusi. Gue pernah membahas ini dengan teman yang asli Australia, dan ternyata mereka memang dibiasakan untuk “nggak gampang percaya” dengan omongan guru sejak SD. Sangat berbeda, kan, dengan kita yang terbiasa mendengarkan penjelasan guru di kelas.
  4. Bagaimana kehidupan muslim di Australia? Alhamdulillah gue tinggal di kota Melbourne yang sangat multicultural. Kerudung yang gue pakai sehari-hari tidak membuat gue merasa “aneh” karena banyak juga perempuan lain yang berhijab. Makanan halal? Jangan ditanya. Selain kebab dan masakan Indonesia, gue paling suka makan di restoran Uyghur alias Muslim Chinese. Bumbu-bumbu masakan Indonesia ada di berbagai toko Asia, halal butcher pun ada di mana-mana. *tuh kan, seru sendiri kalau bahas makanan* Puasa dan Lebaran kemarin pun gue nggak pulang ke Indonesia dan alhamdulillah suasana buka puasa, tarawih, dan solat ied cukup ramai karena di sini ada beberapa masjid dengan komunitas yang besar dan akrab.
  5.  Katanya living cost di sana mahal, ya? Kalau ini nggak bisa dipungkiri, sih. Tapi tenang, selalu ada cara menyiasatinya. Gue sendiri memilih untuk tinggal di city alias Melbourne CBD yang lokasinya dekat dengan kampus, jadi nggak berat di ongkos (walaupun harga sewanya sedikit lebih mahal). Fyi, naik tram di CBD gratis sepuasnya, lho. Terus untuk makan, belanja bahan mentah di sini cukup jauh bedanya dibanding makan di luar. Jadi selagi ada waktu untuk masak, gue lebih memilih masak sendiri.
  6. Dari tadi bahas yang enak-enak terus. Yang nggak enak apa? Gue orangnya memang jarang mengeluh *eaaaak* tapi kalau harus jawab… Gue akan jawab ini: internet di sini lola alias lemot alias lamaaaa.! Apalagi kalau malam. Agak bikin sedih sih bagi yang suka nontonin Oppa kayak gue hehehe.

Sementara itu dulu kali, ya? Jangan malu-malu untuk bertanya kalau ada yang masih ingin ditanyakan. Inshaa Allah akan gue jawab di kesempatan berikutnya.

2 Replies to “Back to School: Why Australia?”

Leave a Reply

